camera digital

Just another WordPress.com site

Info Dasar Lensa Kamera DSLR

leave a comment »

Ada suatu hal yang cukup menarik di dunia fotografi khususnya berhubungan dengan kamera. Alat tersebut adalah lensa kamera dslr. Lensa kamera adalah bagian paling penting pada suatu bagan kamera apapun. Padahal fungsi dari lensa hanya membelokkan fokus gambar dan cahaya yang masuk ke badan kamera menuju film atau sensor penangkap cahaya. Selain itu, lensa kamera dslr juga bisa menguras kantong karena harganya yang mahal. Belum lagi, lensa ini terdiri dari berbagai macam jenis dan kelebihan untuk setiap jenis lensa. Untuk memperjelas tentang apa saja jenis-jenis lensa kamera dslr, simak rangkuman tulisan dibawah ini: 

  1. Lensa Super Wide / 10mm / 15mm
    Lensa Super Wide mempunyai fungsi mengambil gambar dengan cakupan yang sangat luas walau dari jarak dekat. Lensa ini sering digunakan untuk mengambil gambar bangunan secara keseluruhan atau mengambil gambar pemandangan. Karena lensa mencangkup area yang lebar dan luas, sehingga sering membentuk distorsi bentuk. Lensa ini mengadopsi fungsi pada mata ikan / fish eye.
    lensa makro
  2. Lensa Wide / 18mm / 24mm / 28mm
    Tidak berbeda dengan lensa super wide. Lensa wide juga berfungsi mengambil gambar yang area nya luas dan besar. Lensa wide sangat populer dikalangan fotografer yang suka memotret pemandangan / panorama.
    lensa wide
  3. Lensa Normal / Standard / 50mm
    Lensa normal bukan lah lensa murah sekalipun nama dari lensa ini terdengar biasa-biasa saja. Yang menjadi acuan dalam lensa sebenarnya adalah stardard pengukuran focal length sekitar 50mm yang diberi nama lensa normal. Kualitas foto yang dihasilkan juga sangat baik jika memotret dalam sudut dan jarak yang tepat. Lensa normal lebih sering dipakai untuk banyak keperluan karena tidak terlalu wide atau tele.
    lensa normal
  4. Lensa Telephoto / 100mm / 200mm / 300mm / 800mm
    Lensa telephoto berfungsi untuk mengambil atau shot jarak jauh / long shot. Jenis lensa kamera dslr ini dapat mengambil jarak pandang yang jauh dikarenakan jarak focal length yang jauh juga dari sensor CCD. Biasanya lensa telephoto atau dikenal dengan lensa tele, digunakan untuk mengambil jepretan di ruangan seminar, tempat olah raga, dll.
    lensa tele
  5. Lensa Makro / 50mm macro / 100mm macro
    Terkadang saat menjumpai galery fotografi tentang foto bunga, serangga, ataupun foto benda-benda kecil, sering kita menganggap mungkin fotografer nya kurang kerjaan. Sampai-sampai hal kecil-kecil difoto juga sampai sangat detil. Padahal kesan unik dan detil hanya bisa dibuat oleh lensa makro saja. Lensa makro cocok digunakan untuk memotret benda-benda kecil supaya tampak jelas.
    lensa makro

sumber;http://carakerjakamera.com/lensa-kamera-dslr.html

 

Written by bakhtiar

March 15, 2011 at 5:23 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: