camera digital

Just another WordPress.com site

Bagaimana cara filter kamera sebelum dibeli

leave a comment »

Ada banyak hal yang dapat dipikirkan sebelum membeli dan memutuskan kamera yang akan menjadi pendamping hidup selama beberapa kurun waktu. Sebelum melakukan pembelian, hendaknya mengerti pedoman-pedoman carabeli camera. Setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

 

beli camera

  1. Pendanaan
    Faktor penting dari beli camera adalah uang. Tanpa uang tidak ada kamera apapun yang bisa dibeli. Lihat jumlah tabungan dan pendanaan yang ada, apakah sedikit atau banyak. Jika pendanaan tersebut banyak, maka bisa langsung membeli yang cukup bagus. Tapi tetaplah hati-hati karena investasi dicamera kususnya dalam membeli barang elektronik selalu turun secara drastis dengan kurun waktu yang cepat. Tapi bila pendanaan sedikit, menunda sebentar beli camera dengan menabung untuk mendapatkan camera yang diincar juga merupakan hal bijak.
  2. Fungsi
    Apa fungsi memakai camera digital. Apakah hanya untuk hobby, atau sesuatu yang penting yaitu pekerjaan, atau hanya sebagai gaya hidup / life style, atau juga mungkin sebuah investasi – misalnya beli lensa camera. Belilah sesuai dengan tujuan, karena bisa menghemat pengeluaran.
  3. Tipe
    Spesifikasi tipe camera terdapat 2 jenis. Pertama adalah tipe DSLR, tipe ini digunakan untuk kalangan kelas fotografi. Sedangkan pocket digunakan untuk keperluan sehari-hari. Tidak terlalu butuh resolusi tinggi atau fitur kejernihan gambar.
  4. Resolusi
    Pilih mana yang diperlukan? Mau cetak atau hanya dilihat saja. Untuk percetakan dibutuhkan resolusi yang cukup tinggi, minimal punya 3MP. Untuk kegunaan sehari-hari, 2MP sudah lebih dari cukup. Ingat bahwa resolusi tidak menentukan kualitas gambar yang utama.
  5. Baterai
    Awalnya baterai memang tidak begitu diperhitungkan. Tapi coba jika baterai sudah habis atau rusak. Itu adalah salah satu hal yang menyebalkan. Untuk itu, persediaan tenaga dalam baterai jadi bahan kusus untuk dipertimbangkan. Terdapat dua jenis baterai, satu yaitu baterai isi ulang / charger – misal Lithium, dan lainnya baterai skali pakai – misal AA Alkaline.
  6. Zoom
    Kalau mau masuk dalam kelas entry level camera. Perhatikan apakah camera menyediakan fitur optic zoom. Jangan sampai terbalik dengan digital zoom. Optical dan digital zoom sangat berbeda. Pada digital zoom, pendekatan / pembesaran suatu object dapat berpengaruh pecahnya gambar. Sedangkan optic zoom adalah murni hasil perpanjangan focal length dari sensor penangkap gambar.
  7. Fitur untuk low-light
    Ada beberapa macam fitur yang dapat digunakan untuk membantu pencahayaan yang kurang. Misal saja ingin berfoto ria dalam sebuah ruangan yang kurang cahaya. Atau pun dalam kondisi malam hari. Coba cari fitur camera ISO yang tinggi, atau camera yang terdapat lampu sorot, atau flash. Fitur ISO memang bagus dalam mengatasi pencahayaan yang kurang, tapi ISO yang berlebihan dapat menimbulkan noise besar juga. Beli camera yang sesuai dengan karakter para fotografer sendiri, itu lebih baik.
  8. Tes uji coba
    Tes adalah hal yang harus dilakukan sebelum beli camera. Setidaknya jika bukan pembelian secara transaksi online, pasti bisa mencoba terlebih dahulu camera yang dibeli. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam menentukan uji coba enak atau tidak. Uji coba pada dasarnya adalah selain cek kualitas barang, juga mencoba berkenalan dengan camera tersebut. Kamera yang baik biasanya lebih userfriendly dan mudah dipahami. Lihat LCD displaynya dan pelajari, mudah atau sulit dalam mengoprasikannya. Coba genggam kamera tersebut, apakah sudah nyaman dalam genggaman tangan. Atau, coba saja view finder, rasakan nikmat dan user friendly kamera tersebut.

Hal diatas adalah beberapa trik sebelum beli camera. Semoga dapat bermanfaat dan bergembira mencari dan beli camera.

sumber;http://carakerjakamera.com/beli-camera.html

 

Written by bakhtiar

March 15, 2011 at 5:38 am

Posted in tips, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: